Journal

KEPATUHAN PETUGAS KESEHATAN DALAM PENATALAKSANAAN PADA BAYI BARU LAHIR DI RSUD dr. SLAMET KABUPATEN GARUT TAHUN 2012

Abstrak

Berdasarkan data di RSU dr. Slamet Garut tahun 2012 persalinan spontan sebanyak 3023 orang. bayi berat badan lahir rendah sebanyak 130 orang, kasus asfiksia sebanyak 160 orang dan hipotermia sebanyak 97 orang. Melihat data dari penyebab kematian pada neonatus tersebut, menunjukkan bahwa penyebab kematian neonatus merupakan penyebab yang dapat dicegah dengan memberikan asuhan pada bayi baru lahir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran kepatuhan petugas kesehatan dalam asuhan pada bayi baru lahir.

Jenis penelitian ini termasuk kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. petugas yang melakukan perawatan pada bayi baru lahir, pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Data diperoleh menggunakan format observasi dan dianalisis secara univariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepatuhan bidan dalam membungkus bayi dengan kain kering di Ruang Perinatologi seluruhnya termasuk patuh (100%). Kepatuhan bidan dalam melaksanakan IMD (Skin to skin) sebagian besar tidak patuh (81.5%) dan dalam menempatkan bayi bersama ibu di ruang nifas sebagian besar tidak patuh (74.1%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepatuhan bidan yang termasuk patuh  adalah membungkus bayi dengankain kering, sedangkan yang tidak patuh adalah dalam melaksanakan IMD (Skin to skin) dan dalam menempatkan bayi bersama ibu di ruang nifas . pihak rumah sakit melakukan evaluasi dan meningkatkan pelayanan kebidanan khususnya dalam asuhan pada bayi baru lahir melalui peningkatan kompetensi bidan

 

Kata Kunci :    Membungkus Bayi Dengan Kain Kering, Melaksanakan IMD dan Menempatkan Bayi Bersama Ibu di Ruang Nifas

 

Kepustakaan : 17 (2003-2012)

Download



Admin, 0000-00-00 00:00:00